cover
Contact Name
Yolanda Pahrul
Contact Email
yolandapahrul@gmail.com
Phone
+6285263913430
Journal Mail Official
journalteacher59@gmail.com
Editorial Address
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/about/editorialTeam
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Journal On Teacher Education (Jote)
ISSN : 26861895     EISSN : 26861798     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, mathematics education, physics education, chemical education, management education, educational guidance and counseling and other practical studies. Journal On Teacher Education publish publications twice a year, in September and March. This journal is registered with E-ISSN: 2686-1798 and P-ISSN: 2686-1895.
Articles 62 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education" : 62 Documents clear
Pengaruh Religiusitas Orang Tua, Pergaulan Teman Sebaya dan Keteladanan Guru terhadap Perilaku Keberagamaan Siswa SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta Fauzi Rochman; Nawari Ismail; Wahyu Budi Nugroho
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.778 KB) | DOI: 10.31004/jote.v3i3.4075

Abstract

Perilaku keberagamaan merupakan salah satu hal penting yang dimiliki siswa, karena berkaitan dengan perilaku dan sikap di lingkungan keluarga maupun di sekolah dalam kehidupan sehari-hari. Sekolah penting dalam menghadirkan perilaku dan sikap keagamaan yang baik kepada siswa yang diwakili oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas orang tua, pergaulan teman sebaya, dan keteladanan guru secara individu maupun kolektif dapat memprediksi perilaku religius siswa. Jenis penelitian ini ex-post facto, pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 72 siswa yang diperoleh secara simple random sampling. Sampel penelitian mengisi 4 angket penelitian, yaitu religiusitas orang tua, pergaulan teman sebaya, dan keteladanan guru serta perilaku keberagamaan siswa. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh religiusitas orang tua, pergaulan teman sebaya, dan keteladanan guru secara individu maupun kolektif terhadap prediksi perilaku keberagamaan siswa.
A Systematic Literature Review: the Role of Teachers and Parents in Online Learning in Indonesia Septian Cahya Azhari; Ely Satiyasih Rosali; Mega Amalia; Resi Rismawati; Tita Yuniarti; Zahra Zahra; Sri Rahayu Ningrat
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.257 KB) | DOI: 10.31004/jote.v3i3.4147

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran guru dan orang tua selama pembelajaran online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic literature review dengan PICOS. Data yang digunakan diambil dari Sinta, Google Scholar, dan Publish or Perish. Metode yang digunakan untuk menganalisis data, kemudian menetapkan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa peran guru meliputi melakukan inovasi media pembelajaran, menyusun RPP, memberikan motivasi, menjadi fasilitator, mediator dan evaluator. Sedangkan peran orang tua meliputi menyediakan fasilitas penunjang belajar, orang tua harus dituntut untuk menguasai teknologi, mendampingi anak dalam belajar, memotivasi anak, memelihara psikologis dan spiritual anak serta peran menjadi panutan, pendampingan, pengorganisasian, dan pengajaran.
Peningkatan Prilaku Prososial menggunakan Bimbingan Kelompok Bidang Sosial pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 2 Denpasar Putu Agus Semara Putra Giri
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (761.481 KB) | DOI: 10.31004/jote.v3i3.4273

Abstract

Maraknya peristiwa kekerasan yang terjadi di dunia pendidikan yang melibatkan siswi SMA sangat memprihatinkan bagi banyak pihak. Harapan peneliti adalah mampu merubah perilaku mereka dari perilaku sosial yang rendah ke perilaku sosial mereka meningkat. Adapun siswa yang diteliti adalah siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Denpasar dimana jumlah anak yang sebagai sasaran penelitian ada 40 orang, 5 diantaranya mengalami masalah perilaku prososialnya rendah. Setelah dilakukan tindakan, skor yang diperoleh siswa dibandingkan dengan skor maksimal ideal untuk menentukan kedudukan siswa dalam kategori perilaku prososial yang sudah ditentukan. Hasil penelitian yang didapatkan pada siklus I secara individual terjadi peningkatan dengan kriteria pencapainan cukup dan secara berkelompok mengalami peningkatan sebesar 32,2%. Pada tindakan siklus kedua secara individu mengalami peningkatan yang signifikan yaitu kriteria pencapainan tinggi dan secara berkelompok mengalami peningkatan sebesar 61,0%.
Minat Siswa SD BPPI Cokroaminoto Pare Kabupaten Kediri terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Ervina Damayanti
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.84 KB) | DOI: 10.31004/jote.v3i3.4318

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa SD BPPI Cokroaminoto Pare Kabupaten Kediri terhadap pembelajaran daring pada saat pandemi. Subjek yang digunakan adalah orang tua dari murid kelas 1,2,3  SD BPPI Cokroaminoto Pare sebanyak 122 orang. Penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan melalui geogle form ke grup whatsapp wali murid.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa 45,95% menyatakan siswa tidak berminat belajar daring, sedangkan 31,1% menyatakan siswa sedikit berminat, 21,3% menyatakan siswa mengalami peningkatan belajar dan 1,7% lainnya. Adapun kendala pembelajaran daring, 53,3% menyatakan siswa susah memahami materi, 29,5% menyatakan pembelajaran kurang menarik dan 17,2% menyatakan waktu belajar yang kurang efektif. Adapun kendala pembelajaran daring menurut orang tua siswa sebanyak 53,3% menyatakan susah memahamkan  materi ke anak, 27,9 % menyatakan anak susah mendengarkan. 18,9% menyatakan anak terlalu sering bermain hp. Tindakan yang telah dilakukan oleh pihak sekolah 55,7% menyakan guru memberikan video pembelajaran, 23% menyatakan  guru memberikan pembelajaran  privat  bagi siswa yang kurang paham, sedangkan 21,3% menyatakan lainya.
Efektivitas Pembelajaran Simulasi Proteus 8 Professional Berbantuan Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Mahasiswa Praktek Instalasi Listrik Ridwan Ridwan; Mutiara Nurmanita; Nontje Marie Sangi
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.294 KB) | DOI: 10.31004/jote.v3i3.4379

Abstract

Sejak pemberlakuan anjuran pemerintah terutama pada Pusat Pendidikan (Kemendikbudristek) dimasa pandemi covid 19 tentunya peran perguruan tinggi perlu mensiasati proses kegiatan pembelajaran melalui Work Form Home (WFH). Bagi para dosen tentunya menjadi tantangan terbesar terutama dalam menginovasikan dan menjadikan pembelajaran efektif tepat sasaran melalui WFH. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pembelajaran dengan simulasi proteus 8 professional berbantuan berbantuan virtual laboratory untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada pembelajaran praktek instalasi listrik. Metode penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan rancangan pretest-postest control group. Populasi yang diambil semester genap mata kuliah praktek instalasi listrik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Perolehan data diambil melalui analisis inferensial Mann Whitney U dan Gain Score. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Dengan demikian disimpulkan pembelajaran simulasi proteus 8 professional berbantuan berbantuan virtual laboratory pada praktek instalasi listrik cukup efektif secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada pembelajaran.
Model Problem-Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Biologi Oki Sandra Agnesa; Arini Rahmadana
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.734 KB) | DOI: 10.31004/jote.v3i3.4384

Abstract

Revolusi indurstri 4.0 pada abad ke-21 membawa perubahan pada berbagai sektor kehidupan termasuk pendidikan yang menuntut penguasaan keterampilan esensial di era ini, salah satunya adalah berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis harus diajarkan secara eksplisit pada seluruh kegiatan pembelajaran termasuk pembelajaran biologi. Penerapan model Problem-based Learning dalam pembelajaran dikatakan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan bahwa model Problem-based Learning dapat menjadi sebuah upaya peningkatan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran biologi. Penelitian dilakukan dengan literature review pada artikel terkait dalam rentang waktu lima tahun (2018-2022). Sebanyak 21 orang peneliti membuktikan bahwa penerapan model Problem-based Learning dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem-based Learning dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran biologi.
Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning Materi Pecahan Kelas IV di SD No. 2 Sembung Ni Nyoman Dewi Anggreni; Gusti Ngurah Sastra Agustika
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.147 KB) | DOI: 10.31004/jote.v3i3.4395

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan rancang bangun dan validitas media pembelajaran e-modul berbasis problem based learning muatan Matematika materi pecahan dan hubungan diantaranya menurut para ahli dan uji coba produk. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) sebagai langkah-langkah sistematis dalam pengembagan produk. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: (a) ahli isi pembelajaran (91,66%) kualifikasi sangat baik, (b) ahli desain pembelajaran (93,18%) kualifikasi sangat baik, (c) ahli media pembelajaran memperoleh presentase (93,18%) kualifikasi sangat baik, (d) uji coba perorangan (95,45%) kualifikasi sangat baik, dan (e) uji coba kelompok kecil (93,43%) kualifikasi sangat baik. Berdasar hasil tersebut, e-modul ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Teachers’ Perception on Teaching Listening in Senior High School Sylvia Puspa Windrawati; Asrori Asrori
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.716 KB) | DOI: 10.31004/jote.v3i3.4406

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan hampir diseluruh aspek kehidupan, seperti komunikasi sehari-hari, bisnis, dan pendidikan. Pemerintah Indonesia memiliki sistem pendidikan yang mewajibkan siswa untuk menguasai bahasa Inggris. Meskipun kemampuan mendengar yang merupakan salah satu kemampuan yang memerlukan pemahaman lebih, mendengarkan menjadi kemampuan yang kurang diperhatikan dan jarang diajarkan oleh guru. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu tentang pendapat guru-guru bahasa Inggris terkait pengajaran mendengar di sekolah menengah atas, dan menyajikan pengalaman-pengalaman guru dalam mengajar kemampuan mendengar. Koresponden dari penelitian ini adalah 10 guru bahasa Inggris yang mengajar sekolah menengah yang ada di wilayah Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan kuesioner terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru bahasa Inggris di Kediri memiliki pendapat yang positif tentang pengajaran mendengar, hal ini dikarenakan kemampuan mendengar diujikan dan terdapat dalam kompetensi dasar. Walaupun demikian beberapa guru masih menemui kesulitan dalam menentukan materi pembelajaran yang sesuai.
Pengembangan Aplikasi Interaktif Berbasis Kontekstual Learning Materi Bangun Datar Kelas IV di SD No 2 Sembung Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung Ni Ketut Rai Syntya Dewi; Gusti Ngurah Sastra Agustika
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.564 KB) | DOI: 10.31004/jote.v3i3.4422

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan rancang bangun dan validitas media pembelajaran aplikasi interaktif berbasis kontekstual learning materi keliling dan luas bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Media pembelajaran aplikasi interaktif berbasis kontekstual learning ini dinyatakan valid dengan hasil: (a) pengembangan yang dilakukan sesuai dengan model ADDIE. (b) review ahli isi pembelajaran memperoleh 90,90% dengan kualifikasi sangat baik. (c) review ahli desain pembelajaran memperoleh 94,25% dengan kualifikasi sangat baik. (d) review ahli media pembelajaran memperoleh 91,07% dengan kualifikasi sangat baik. (e) uji coba perorangan memperoleh 95,45% dengan kualifikasi sangat baik. (f) uji coba kelompok kecil memperoleh 93,43% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasar hasil tersebut, disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi interaktif berbasis kontekstual learning layak untuk digunakan.
Perbandingan Tepung Tapioka dan Vasselin Pure Jelly sebagai Bahan Dasar Make Up Karakter 3 Dimensi Pengganti Gelatin Fitria Hansyah Fatmasari; Ria Andriani Mukti; Iut Nuraini
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.641 KB) | DOI: 10.31004/jote.v3i3.4430

Abstract

Make up karakter adalah teknik merias wajah dengan cara merubah karakter orang lain menjadi karakter seseorang. Karakter adalah watak atau sifat. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah perbandingan tepung tapioca dan vasellin pure jelly 2 gr, 5gr,7gr dan 10gr sebagai bahan dasar make up karakter pengganti gelatin ditinjau dari daya lekat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbandingan tepung tapioca dan vasellin pure jelly sebagai bahan dasar pengganti gelatin ditinjau dari daya lekat. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dari ekperimen dengan berbedaan hasil yang bisa digunakan sebagai bahan dasar pengganti adalah tepung tapioka 10gr dan vasellin pure jelly 10gr sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar pengganti gelatin pada make up karakter 3 dimensi luka ditangan.